DE BRITTO ADALAH SEKOLAH KOLESE YANG BERLOKASI DI YOGYAKARTA, TEPATNYA DI JALAN LAKSDA ADISUCIPTO 161. DE BRITTO ADALAH SEKOLAH KHUSUS LAKI-LAKI, DIMANA SEKOLAH TERSEBUT DIPEGANG DAN DIMILIKI OLEH ROMO YESUIT.
DE BRITTO TERKENAL DENGAN KEUNIKAN-KEUNIKANNYA. APA SAJA YA, KEUNIKAN-KEUNIKAN YANG ADA DI DE BRITTO?
MARI KITA LIHAT BERSAMA-SAMA.
1. SISWA WAJIB BERSERAGAM HANYA PADA HARI SENIN
SELAIN HARI SENIN, SISWA DIPERBOLEHKAN UNTUK BERPAKAIAN BEBAS DENGAN CATATAN HARUS SOPAN, SEPERTI MENGGUNAKAN BAJU BERKERAH DAN BERPAKAIAN JEANS. SISWA BOLEH UNTUK MENGGUNAKAN SEPATU SANDAL (BUKAN SANDAL).
BAHKAN SAAT BERSERAGAM PUN SISWA BOLEH TIDAK MEMASUKAN BAJUNYA.
2. KELAS YANG TERBUKA
TIDAK SEPERTI KELAS PADA BIASANYA, KELAS DI DE BRITTO JUSTRU TERBUKA. HANYA BEBERAPA KELAS YANG MEMILIKI RUANG TERTUTUP, YAITU KELAS XI DAN XII BAHASA, KELAS XI IPS, DAN KELAS XI IPA 4 DAN 5.
DENGAN SUASANA KELAS YANG TERBUKA, KAMI BELAJAR UNTUK TETAP MENJAGA KETENANGAN SAAT KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR. SUPAYA TIDAK MENGANGGU KELAS YANG LAIN.
3. RAMBUT GONRONG
KEUNIKAN YANG PALING KELIHATAN. SETIAP ORANG YANG MENGENAL DE BRITTO PASTI MENGENAL DARI SALAH SATU KEBEBASAN INI, YAKNI BERAMBUT GONDRONG.
GONDRONG SIH BOLEH... ASAL BISA MENJAGA RAMBUTNYA TETAP RAPI ;).
4. LATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT DASAR DAN LATIHAN KEPANDUAN TINGKAT LANJUT
DI DE BRITTO TIDAK ADA PRAMUKA. TETAPI KEGIATAN PRAMUKA ITU DIGANTI DENGAN KEGIATAN KHUSUS, YAITU LATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT DASAR DAN LATIHAN KEPANDUAN TINGKAT LANJUT.
LATIHAN KEPEMIMPINAN MENJADI PENDIDIKAN KARAKTER PALING PENTING YANG DIAJARKAN DI DE BRITTO. LATIHAN KEPEMIMPINAN TINGKAT DASAR WAJIB DIIKUTI OLEH KELAS X. KEGIATAN INI SANGAT BERAT TENTUNYA, KARENA SISWA DIHARUSKAN UNTUK BERJALAN JAUH SEPANJANG KURANG LEBIH 35 KM DALAM 2 HARI. LOKASI YANG DITUJU BISA MENGIKUTI, TERGANTUNG KESEPAKATAN SEKOLAH. SISWA DIHARUSKAN UNTUK HIDUP DALAM KETERBATASAN. SETIAPTAHUN KEBIJAKAN DAPAT BERUBAH, TETAPI INTINYA SISWA BELAJAR UNTUK HIDUP BERSAMA ALAM DAN MENCOBA MEREFLEKSIKAN SETIAP DINAMIKA WAKTU PERJALANAN. SETELAH MELAKUKAN PERJALANAN YANG JAUH, MASIH ADA KEGIATAN LAIN YANG HARUS DILALUI OLEH SISWA KELAS X. MEMANG KEGIATAN INI SANGAT TIDAK MUDAH DAN BUTUH MENTAL YANG KUAT. TETAPI KEGIATAN INI SANGAT MENYENANGKAN DAN SERU. SISWA DAPAT MERASAKAN PENGALAMAN YANG BENAR-BENAR BARU.
LATIHAN KEPANDUAN TINGKAT LANJUT WAJIB DIIKUTI OLEH SISWA KELAS XI. DALAM KEGIATAN INI, SEKOLAH BEKERJA SAMA DENGAN PIHAK MILITER. SETIAP TAHUN BISA BERUBAH. KEGIATAN INI BERTUJUAN UNTUK MEMBANGUN SIKAP NASIONALISME DAN MEMBANGUN WAWASAN BERBANGSA DAN BERNEGARA. KEGIATAN LKTL INI HAMPIR SEPERTI OUTBOND. KEGIATANNYA SANGAT MENGEDEPANKAN LATIHAN KEDISIPLINAN. SISWA DI TUNTUT UNTUK MENGAMBIL SETIAP MAKNA KEGIATAN YANG ADA DAN MENCOBA MEREFLEKSIKANNYA SUPAYA DAPAT DIAPLIKASIKAN DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI.
5. BK, JAM PERWALIAN. DAN PENDIDIKAN NILAI
JAM BIMBINGAN KONSELING BIASA DIBERIKAN SATU JAM PELAJARAN DALAM SEMINGGU. KEGIATAN PELAJARAN INI BERJALAN DI MASING-MASING KELAS. JAM PELAJARAN INI BERGUNA UNTUK MEMBANGUN RELASI DENGAN GURU BK (SETIAP ANGKATAN MEMILIKI BK YANG BERBEDA). PROGRAM INI BERTUJUAN MEMBANTU SISWA UNTUK TERBUKA DAN BERSEDIA TERARAHKAN KE TUJUAN YANG LEBIH BAIK.
JAM PERWALIAN JUGA MEMILIKI JAM PELAJARAN YANG SAMA DENGAN PROGRAM BK. JAM PERWALIAN BERTUJUAN UNTUK MEMBANGUN RELASI KELAS DENGAN WALI KELAS MASING-MASING. SETIAP PERMASALAHAN YANG ADA DI KELAS DIBAHAS DAN DICARI SOLUSINYA. BIASANYA UNTUK SEMAKIN MEMPERKUAT IKATAN PERSAUDARAAN YANG KUAT, AKAN DILAKUKAN MALAM KEAKRABAN BERSAMA DENGAN WALI KELAS. WALI KELAS BERPERAN PENTING UNTUK MENDAMPINGI SISWANYA DAN MEMANTAU SETIAP PROGRESSNYA.
PENDIDIKAN NILAI UNTUK MEMBANGUN SEMANGAT IGNASIAN. PENDIDIKAN NILAI BIASA DIAJARKAN OLEH ROMO ATAU FRATER. DALAM PELAJARAN INI, SISWA DIAJAK UNTUK SEMAKIN MENGENAL SEMANGAT IGNASIAN DAN MENGHIDUPI NILAI KEPEMIMPINAN IGNASIUS.
ITULAH BEBERAPA KEUNIKAN YANG ADA DI DE BRITTO. SELAIN DARI PENDIDIKAN BEBASNYA, DE BRITTO JUGA MEMILIKI PROGRAM YANG UNIK YANG BERTUJUAN UNTUK MENCIPTAKAN SISWA YANG BERKUALITAS DAN BERKARAKTER.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar